Skip to main content
Berita Utama

PRESS RELEASE CAPAIAN KINERJA BNN KABUPATEN CIANJUR TAHUN 2022

Dibaca: 6 Oleh 30 Des 2022Tidak ada komentar
PRESS RELEASE CAPAIAN KINERJA BNN KABUPATEN CIANJUR TAHUN 2022
#BNN #StopNarkoba #CegahNarkoba

CIANJUR – BNN KABUPATEN CIANJUR SEBAGAI LEADING INSTITUTION DALAM RANGKA PENCEGAHAN DAN PEMBERANTASAN, PENYALAHGUNAAN DAN PEREDARAN GELAP NARKOTIKA DAN PREKURSOR NARKOTIKA (P4GN), MELAKSANAKAN INSTRUKSI PRESIDEN RI NOMOR 2 TAHUN 2020 UNTUK MENGKOORDINASIKAN KEMENTERIAN DAN LEMBAGA SERTA PEMERINTAH DAERAH DALAM MELAKSANAKAN RENCANA AKSI NASIONAL P4GN DENGAN MENGIKUTSERTAKAN MASYARAKAT DAN PELAKU USAHA.

DENGAN MENGGELORAKAN “WAR ON DRUGS, SPEED UP NEVER LET UP”, BNN KABUPATEN CIANJUR BERSINERGI DENGAN PEMERINTAH KABUPATEN CIANJUR, POLRES CIANJUR, KODIM 0608 CIANJUR, KEJAKSAAN NEGERI CIANJUR, PENGADILAN NEGERI CIANJUR, LAPAS KELAS II B CIANJUR, KANTOR IMIGRASI KELAS III NON TPI CIANJUR DAN INSTANSI VERTIKAL LAINNYA SERTA SELURUH KOMPONEN MASYARAKAT DAN SWASTA MEMBANGUN KEKUATAN BESAR DALAM MELAWAN NARKOBA UNTUK MEWUJUDKAN KABUPATEN CIANJUR BERSINAR (BERSIH NARKOBA).

DALAM UPAYA WAR ON DRUGS, BNN KABUPATEN CIANJUR KONSISTEN MENGUSUNG EMPAT STRATEGI ANTARA LAIN: SOFT POWER APPROACH, HARD POWER APPROACH, SMART POWER APPROACH DAN COOPERATION.

 

SOFT POWER APPROACH

BNN KABUPATEN CIANJUR MELAKUKAN TINDAKAN PREVENTIF UNTUK MEMBENTUK KETAHANAN DIRI SERTA DAYA TANGKAL TERHADAP PENYALAHGUNAAN NARKOBA. STRATEGI INI MENEKANKAN PROGRAM P4GN PADA BIDANG PENCEGAHAN, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, DAN REHABILITASI.

DESA BERSINAR MENJADI PROGRAM UNGGULAN BIDANG PENCEGAHAN DENGAN INTERVENSI PROGRAM P4GN DI WILAYAH PEDESAAN UNTUK MENCIPTAKAN LINGKUNGAN YANG KONDUSIF DAN AMAN, DIMANA TAHUN INI TELAH TERBENTUK 5 DESA BERSINAR YAKNI DESA SONGGOM, DESA SIRNAGALIH, DESA PADALUYU DESA CIRANJANG DAN DESA JAYAGIRI.

PROGRAM INI MELIBATKAN UNSUR PEMERINTAH KABUPATEN CIANJUR, TNI, POLRI, KEJAKSAAN SERTA KOMPONEN MASYARAKAT MENSINERGIKAN P4GN SECARA KOMPREHENSIF DAN BERKELANJUTAN.

BNN KABUPATEN CIANJUR TELAH MELAKSANAKAN INFORMASI DAN EDUKASI TERKAIT BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA KEPADA 17.188 ORANG YANG TURUT MEMBANTU BNN DALAM MEMBERIKAN INFORMASI DAN EDUKASI TENTANG BAHAYA PENYALAHGUNAAN NARKOBA DI LINGKUNGAN MASING-MASING.

BIDANG PENCEGAHAN JUGA MENGEDEPANKAN PROGRAM KETAHANAN PADA LINGKUNGAN KELUARGA SERTA LINGKUNGAN PENDIDIKAN, SEKOLAH, DAN KOMUNITAS.

DALAM BIDANG PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, BNN KABUPATEN CIANJUR TELAH MELAKSANAKAN TEST URINE DALAM RANGKA DETEKSI DINI PENYALAHGUNAAN NARKOTIKA SEBANYAK 729 ORANG YANG BERASAL DARI LINGKUNGAN INSTANSI PEMERINTAH, INSTANSI SWASTA, MASYARAKAT, DAN PENDIDIKAN.

HASIL PENGHITUNGAN DARI INDEKS KETAHANAN KELUARGA TERHADAP PENYALAHGUNAAN NARKOBA (DEKTARA) TAHUN 2022 YANG DILAKUKAN OLEH BNN RI UNTUK WILAYAH KABUPATEN CIANJUR DENGAN NILAI DEKTARA yakni 87,054 DENGAN KATEGORI KETAHANAN KELUARGA TERHADAP PENYALAHGUNAAN NARKOBA YAITU TINGGI. INDEKS KETAHAHAN DIRI REMAJA TERHADAP PENYALAHGUNAAN NARKOBA KABUPATEN CIANJUR DENGAN HASIL 52,02 YANG BERARTI MANDIRI.

DALAM BIDANG REHABILITASI, PROGRAM PEMULIHAN PECANDU DAN KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA DILAKUKAN DI KLINIK PRATAMA BNN KABUPATEN CIANJUR, TERCATAT SEBANYAK 25 ORANG PECANDU DAN KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA YANG TELAH MENJALANI LAYANAN REHABILITASI RAWAT JALAN DI KLINIK PRATAMA BNN KABUPATEN CIANJUR. REHABILITASI MERUPAKAN SATU-SATUNYA SOLUSI DAN KESEMPATAN TERBAIK BAGI PECANDU DAN KORBAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA UNTUK PULIH DAN KEMBALI BERFUNGSI SOSIAL.

IBM MERUPAKAN UPAYA INTERVENSI BERKELANJUTAN TERHADAP PENYALAHGUNA NARKOBA YANG DISELENGGARAKAN OLEH MASYARAKAT, DARI MASYARAKAT, DAN UNTUK MASYARAKAT.

UNTUK MEMENUHI KEKURANGAN KEMAMPUAN LEMBAGA REHABILITASI MILIK PEMERINTAH DAN MASYARAKAT DENGAN KEBUTUHAN LAYANAN REHABILITASI, BNN MENGEMBANGKAN PROGRAM YANG DISEBUT INTERVENSI BERBASIS MASYARAKAT (IBM), DIMANA IBM DIMAKSUDKAN UNTUK MELAKUKAN LAYANAN REHABILITASI YANG BERSIFAT RINGAN DI MASYARAKAT MAUPUN INTERVENSI BERKELANJUTAN.

UPAYA REHABILITASI DI DESA BERSINAR DILAKUKAN DENGAN TERBENTUK INTERVENSI BERBASIS MASYARAKAT (IBM) DI 3 DESA DENGAN MEMBENTUK MASING-MASING 10 AGEN PEMULIHAN DI SETIAP DESA DAN TAHUN INI MENANGANI KLIEN SEBANYAK 12 ORANG YANG MERUPAKAN PECANDU NARKOBA DI TINGKAT RINGAN DAN COBA-COBA.

SELAIN MELAKSANAKAN PROGRAM REHABILITASI KEPADA PECANDU DAN KORBAN PENYALAHGUNA NARKOBA, TERDAPAT PULA 3 ORANG KLIEN YANG DILAKUKAN ASESMEN TERPADU OLEH TIM ASESMEN TERPADU (TAT) SERTA PELAYANAN PEMBUATAN SKHPN (SURAT KETERANGAN HASIL PEMERIKSAAN NARKOTIKA). TAHUN 2022 MENERBITKAN SEBANYAK 351 SKHPN KEPADA WARGA MASYARAKAT SUKABUMI UNTUK BERBAGAI KEPENTINGAN.

HARD POWER APPROACH

PADA STRATEGI HARD POWER APPROACH, BNN MELAKUKAN TINDAKAN REPRESIF MELALUI ASPEK PENEGAKAN HUKUM YANG TEGAS DAN TERUKUR DALAM PENANGANAN JARINGAN SINDIKAT NARKOBA.

DALAM UPAYA PEMBERANTASAN DI DESA, SINERGITAS YANG DILAKUKAN ANTARA BNN KABUPATEN CIANJUR DENGAN BABINSA, BHABINKANTIBMAS, DAN APARAT DESA MAMPU MENINGKATKAN KEWASPADAAN TERHADAP ANCAMAN PEREDARAN NARKOBA.

SMART POWER APPROACH

PADA STRATEGI SMART POWER APPROACH DALAM UPAYA PENANGGULANGAN PERMASALAHAN NARKOBA, BNN SENANTIASA MEMANFAATKAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN MEMAKSIMALKANNYA DI ERA DIGITAL INI DALAM SEGALA ASPEK P4GN. SALAH SATUNYA DALAM PELAKSANAAN TUGAS SEPERTI: PENGGUNAAN E-MINDIK (ADMINISTRASI PENYIDIKAN) DI BIDANG PEMBERANTASAN, TREN (TELEREHABILITASI NARKOBA) DAN NEW SIRENA (SISTEM INFORMASI REHABILITASI NARKOBA) DI BIDANG REHABILITASI, DAN LAYANAN KONSULTASI ONLINE DI BIDANG HUKUM.

COOPERATION

MELALUI STRATEGI COOPERATION, BNN KABUPATEN CIANJUR MENJALIN KERJA SAMA DENGAN INSTANSI PEMERINTAH DAN KOMPONEN MASYARAKAT. SEPANJANG 2022, BNN RI TELAH MENANDATANGANI 3 DOKUMEN PERJANJIAN  KERJA SAMA, YAKNI KANTOR KEMENTERIAN AGAMA (KEMENAG) KABUPATEN CIANJUR, PENGURUS CABANG IKATAN APOTEKER INDONESIA (IAI) KABUPATEN CIANJUR DAN TIM PENGGERAK PEMBERDAYAAN DAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (TP-PKK) KABUPATEN CIANJUR.

TANTANGAN NPS

UPAYA LUAR BIASA DALAM PERANG MELAWAN NARKOTIKA HARUS TERUS DIKEMBANGKAN MENGINGAT TANTANGAN YANG DIHADAPI SEMAKIN KOMPLEKS, SALAH SATUNYA PEREDARAN NARKOTIKA JENIS BARU ATAU NEW PSYCHOACTIVE SUBSTANCES (NPS) YANG MASIH MARAK. SEPANJANG TAHUN 2022, TERDAPAT 360 SAMPEL NPS YANG TELAH DIUJI OLEH BNN RI.

HINGGA SAAT INI, JUMLAH NPS YANG BEREDAR DI INDONESIA ADALAH 91 JENIS, DI MANA 81 JENIS DIANTARANYA SUDAH DIATUR SEMENTARA 10 LAINNYA BELUM DIATUR DALAM UNDANG-UNDANG NARKOTIKA.

APRESIASI UNTUK STAKEHOLDERS

KEBERHASILAN DAN PRESTASI DALAM PENANGGULANGAN MASALAH NARKOTIKA TIDAK DAPAT DIRAIH TANPA SINERGI YANG KUAT ANTARA BNN KABUPATEN CIANJUR DAN SELURUH STAKEHOLDER. OLEH KARENA ITULAH, BNN KABUPATEN CIANJUR MEMBERIKAN APRESIASI ATAS PARTISIPASI DAN PERAN AKTIF SELURUH STAKEHOLDERS YANG SELAMA INI MENJADI MITRA DALAM UPAYA PENANGGULANGAN NARKOTIKA, BAIK DALAM ASPEK PENCEGAHAN, PEMBERDAYAAN MASYARAKAT, REHABILITASI, DAN PEMBERANTASAN.

MARI SATUKAN TEKAD! KUATKAN LANGKAH! BERSAMA KITA PERANGI NARKOTIKA KARENA INI ADALAH PEKERJAAN MULIA, MENYELAMATKAN ANAK BANGSA, DAN UPAH MU BESAR DI SURGA.

 

WAR ON DRUGS, SPEED UP NEVER LET UP, MENUJU INDONESIA BERSINAR!

Kirim Tanggapan